Daddys Takoyaki Menakar Peluang Bisnis Kudapan Osaka Khas Indonesia
Edisi bulan ini tim redaksi Majalah Franchise berkunjung ke Tangerang City Mall, Jl. Jendral Sudirman No. 1, Kota Tangerang. Tepatnya di lantai 2, di Rame Rame Street Food. Ketika melihat booth berwarna merah kami tertarik untuk lebih dekat melihat gerai tersebut. Rupanya gerai itu menjajakan makanan khas Jepang bernama Daddys Takoyaki.
Takoyaki merupakan makanan berbentuk bulat seperti bola kecil yang bercitarasa gurih dan berisi aneka makanan laut, seperti gurita. Peminat makanan ini cukup banyak, terbukti dengan maraknya para penjual yang menjajakan makanan ini dipinggir jalan ataupun foodcourt yang ada di mall-mall.
Tidak berbeda dengan Daddys Takoyaki. Usaha yang didirikan Muhamad Fadli Azis sejak tahun 2013 ini juga tengah berkembang pesat. Saat ini, Daddys Takoyaki sudah memiliki 35 gerai tersebar di Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi, Surabaya, Samarinda, Bandung, dan Manokrawi.
Untuk mengembangkan bisnisnya, Fadli mulai menawarkan kemitraan pada Januari 2016. “Daddys Takoyaki memiliki 34 mitra yang tergabung. Kami menawarkan paket investasi sekitar Rp 17.700.000 dengan konsep booth / gerai bergaya jepang yang unik dan premium,” katanya.
Fadli menuturkan, Daddys Takoyaki menyajikan menu Okonomiyaki, cemilan lainnya yang berbahan baku tepung terigu yang dicampur dengan sayuran kol, telur ayam dan makanan laut. “Menu-menu yang kami tawarkan sangat khas,” katanya.
Ia mengklaim, produk yang disajikan Daddys Takoyaki menawarkan citarasa tersendiri karena diolah dari racikan resep sendiri. “Resep tersebut dari hasil survey dan riset yang cukup lama hingga kita menemukan formula yang pas untuk pecinta produk ini,” bebernya.
“Karena ini resep saya sendiri, maka saya bisa jamin rasa produk kami selalu konsisten dan tidak akan berubah,” tambahnya. Menurut Fadli, kedepannya Daddys Takoyaki akan mengenalkan produk melalui jaringan – jaringan advertising online secara massive. Seperti Google ads, Detik ads, yahoo ads dll. “Kami juga akan masuk ke portal-portal online waralaba di internet untuk mencapai target pasar yang lebih luas,” katanya.
Diungkapkan Fadli, franchise yang ditawarkan Daddys Takoyaki tidak menyertakan management fee, royalty fee. “Jadi 100% keuntungan untuk mitra, masa kelola selamanya serta update menu 3 bulan sekali. Akan tetapi Calon mitra perlu menyediakan lokasi berjualan serta SDM. Semua peralatan sudah disediakan oleh pusat,” katanya.
Meskipun demikian, kata dia, mitra harus membeli bahan baku utama kepada pusat. “Khusus wilayah Jabodetabek, SDM yang calon franchisee sediakan akan kami training di workshop kami. Atau kami juga bisa mentraining SDM mereka di outlet offline milik mitra secara langsung,” jelasnya.
Takoyaki merupakan makanan berbentuk bulat seperti bola kecil yang bercitarasa gurih dan berisi aneka makanan laut, seperti gurita. Peminat makanan ini cukup banyak, terbukti dengan maraknya para penjual yang menjajakan makanan ini dipinggir jalan ataupun foodcourt yang ada di mall-mall.
Tidak berbeda dengan Daddys Takoyaki. Usaha yang didirikan Muhamad Fadli Azis sejak tahun 2013 ini juga tengah berkembang pesat. Saat ini, Daddys Takoyaki sudah memiliki 35 gerai tersebar di Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi, Surabaya, Samarinda, Bandung, dan Manokrawi.
Untuk mengembangkan bisnisnya, Fadli mulai menawarkan kemitraan pada Januari 2016. “Daddys Takoyaki memiliki 34 mitra yang tergabung. Kami menawarkan paket investasi sekitar Rp 17.700.000 dengan konsep booth / gerai bergaya jepang yang unik dan premium,” katanya.
Fadli menuturkan, Daddys Takoyaki menyajikan menu Okonomiyaki, cemilan lainnya yang berbahan baku tepung terigu yang dicampur dengan sayuran kol, telur ayam dan makanan laut. “Menu-menu yang kami tawarkan sangat khas,” katanya.
Ia mengklaim, produk yang disajikan Daddys Takoyaki menawarkan citarasa tersendiri karena diolah dari racikan resep sendiri. “Resep tersebut dari hasil survey dan riset yang cukup lama hingga kita menemukan formula yang pas untuk pecinta produk ini,” bebernya.
“Karena ini resep saya sendiri, maka saya bisa jamin rasa produk kami selalu konsisten dan tidak akan berubah,” tambahnya. Menurut Fadli, kedepannya Daddys Takoyaki akan mengenalkan produk melalui jaringan – jaringan advertising online secara massive. Seperti Google ads, Detik ads, yahoo ads dll. “Kami juga akan masuk ke portal-portal online waralaba di internet untuk mencapai target pasar yang lebih luas,” katanya.
Diungkapkan Fadli, franchise yang ditawarkan Daddys Takoyaki tidak menyertakan management fee, royalty fee. “Jadi 100% keuntungan untuk mitra, masa kelola selamanya serta update menu 3 bulan sekali. Akan tetapi Calon mitra perlu menyediakan lokasi berjualan serta SDM. Semua peralatan sudah disediakan oleh pusat,” katanya.
Meskipun demikian, kata dia, mitra harus membeli bahan baku utama kepada pusat. “Khusus wilayah Jabodetabek, SDM yang calon franchisee sediakan akan kami training di workshop kami. Atau kami juga bisa mentraining SDM mereka di outlet offline milik mitra secara langsung,” jelasnya.
Tidak ada komentar: