Efektifitas SOSMED terhadap Bisnis Anda
Dalam beberapa tahun terkahir ini kemajuan teknologi di Indonesia sudah berkembang sangat pesat, hal itu memberikan dampak dalam perkembangan bisnis masyarakat indonesia. Dengan adanya sosial media dan pengguna internet yang makin tahun semakin bertambah ini, hal itu bisa memberikan dampak positif dan negative bagi masyarakat Indonesia sendiri.
Menurut data terkhir dari pemerintah, bahwa jumlah pengguna internet pada akhir tahun lalu mengalami peningkatan hingga mencapai sebanyak 85% pengguna sosial media. Hal itu bisa menjadi kabar bahagia bagi para pengusaha, dengan adanya peningkatan jumlah pengguna serta kemajuan teknologi yang semakin berkembang, hal tersebut dapat membantu memberikan solusi murah dalam bidang promosi usaha mapun produk dan jasa.
Di akhir tahun lalu, sosial media menjadi salah satu sumber media yang nilai sangat efektif dalam memberikan peningkatan penjualan produk dan jasa. Maka tidak heran banyak pengusaha yang berlomba-lomba memanfaatkan peluang tersebut hingga sampai saat ini, penggunaan dan pemanfaatan sosial media sebagai media untuk promosi dan menjual produk secara tepat akan efektif dalam meningkatkan omset pengahasilan. Terutama dalam bidang franchise maupun bisnis Anda lainnya.
Lantas, bagaimana cara yang paling ampuh dalam mengefektifan sosmed sebagai ladang meningkatkan pendapatan/penjualan?. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, dan itu juga merupakan cara paling ampuh untuk mendapatkan ranting tertinggi bila berhadapan dengan pesaing lainnya. adapun caranya sebagai berikut.
Pertama adalah sasaran yang tepat, pengguna internet di Indonesia didominasi oleh kawua muda dan hal itu memberikan pengaruh yang sangat signifikan dalam penjualan. Maka dengan menyiasati pemilihan sasaran pemasaran yang tepatlah yang bisa membuat Anda sukses dalam promosi di sosial media, kategorikan pengguna sosmed menjadi 3 golongan, yakni golongan remaja, pemuda dan dewasa. Gunakan sosmed sesuai dengan tujuannya, dalam membangun brand Anda dengan membaca presepsi dari pelanggan terhadap brand yang dipasarkan tersebut.
Kedua adalah kepercayaan, membangun kepercayaan dengan konsumen memang sangat penting, tapi di dalam sosial media tidak ada tatap muka secara langsung. Maka hal yang terpenting adalah memikirkan konsep dengan membangun kepercayaan, jangan pernah menawarkan brand dengan pemalsuan ataupun mengirim barang dengan kualitas buruk saat deal dalam bertransaksi. Dengan adanya hubungan kepercayaan pasti kemudahan dalam menjual barang dan mendapat kepercayaan pelanggan sangat mudah. Hal tersebut berhubungan dengan pribadi Anda sebagai pembisnis yang jujur.
Ketiga adalah membuat brand awareness yakni sebuah ingatan dalam pikiran pelanggan tentang brand Anda. Dengan menciptakan brand yang mudah diingat, itu bisa saja dalam bentuk symbol brand, nama sosmed, ataupun nama brand dari produk Anda sendiri yang mudah diingat. Dalam hal ini memang ditekankan untuk masalah teknis dan hanya Anda saja yang bisa memcahkan membuat brand yang seperti apa. Untuk itu bila Anda sudah mendapatkan pembeli jangan lupa membuat hubungan yang bisa berlanjut dengan memanfaatkan pembeli untuk terus berinteraksi seperti membuka Tanya jawab maupun konsultasi.
Keempat adalah keterlibatan pelanggan, seperti yang sudah disinggung diatas, bahwa berinteraksi dengan pelanggan melalui konsultasi itu perlu. Hal ini dapat menciptakan dan mendapatkan pelanggan yang setia pada brand Anda, dengan begitu Anda bisa memberikan tawaran untuk supplier maupun sebagai pengembang dengn menshare brand Anda melalui pelanggan ke pelanggan. Banyak hal yang sulit dijelaskan tanpa adanya riset sendiri dalam mencari pelanggan melalui sosmed, oleh karena itu saran saya adalah jangan pernah berhenti bersosialisasi melalui media sosial untuk peningkatan omset Anda.
Selamat Mencoba dan Sukses Selalu Untuk Anda
Tidak ada komentar: