Tips Bersaing dengan Franchisor Global
Usaha franchise memang memiliki tingkat daya saing yang sangat tinggi, terlebih bila bersaing dengan brand Franchisor kelas dunia. Dengan tingkatan persaingan kelas dunia kali ini apakah memang menjadi salah satu hal yang menakutkan? Pertanyaan tersebut pasti ada dalam benak para pengusaha franchising.
Setiap Franchisor sukses selalu memiliki pengetahuan dalam mengatasi gejolaknya persaingan bisnis, dalam hal ini keyakinan dan kepercayaan diri bagi seorang pengusaha franchise dibutuhkan. Pengetahuan yang dimaksud bukanlah ilmu keagamaan dan sebagainya, namun pengetahuan dalam mengambil strategi brand management yang lebih mendalam, sehingga mencoba mengetahui kembali filosofi terciptanya brand besar yang menjadi saingan dalam satu hasil produk yang sama untuk skala golbal. Untuk itu perlu adanya beberapa hal penting yang perlu Anda lakukan dalam bersaing dengan franchisor dunia.
Pertama. Dengan menggunakan ilmu brand management dasar ini yang lebih disiplin, maka persaingan dan gejolak bisnis bisa diatasi terutama tahapan-tahapan untuk lepas dari bayang-bayang persaingan franchisor dunia.
Kedua. Hal kedua ini merupakan hal yang sangat penting dalam bersaing dengan brand competitor dunia, yakni dengan sisi komitmen atau teguh dalam pilihan terhadap sustainability dan juga going concern. Sampai saat ini banyak franchisor kita/local yang hanya bereksitensi sebentar dan lalu hilang tanpa ada kabar kelanjutannya atau berhenti di tengah jalan.
Hal yang membuat beda antara kedua franchisor local dan asing adalah organisasi managementnya, untuk pihak franchisor kelas dunia bukan lagi dalam tahap trial dan eroro melainkan memiliki record yang lama sehingga dalam bidang bisnis mereka lebih tahan lama/sustain.
Bukan hanya kita salah mengartikan brand dan branding secara harfiah saja, melainkkan franchisor local juga salah mengartikan secara keseluruhan dari maksut kedua kata tersebut, branding merupakan kata dengan artian yang lebih luas yakni sebuah kegiatan dalam promosi besar-besaran seperti membuat website, event promo dan masih banyak lagi lainnya yang memiliki tujuan untuk mengenalkan produk secara luas dan besar, serta melihat kemampuan konsumen, menetapkan sasaran dan lebih jelas lagi untuk menggapai pasar dengan sempurna.
Ketiga. Terpenting adalah membuat brand road map, yakni sebuah peta pemasaran dengan target-terget pasar yang sudah ditentukan. Penentuan dar brand road map diihat dari segi konsumen, dari segi tujuan produk dan sebagainya. Hal ini begitu penting karena saat ini banyak franchisor local yang kalah bersaing dengan brand franchisor dunia dengen brand road map mereka yang lebih manjangkau satu Negara dengan pertimbangan ekonomi Negara tersebut.
Kondisi seperti ini harus disaingi dengan mendongkrak pasar local terlebih dahulu untuk mencapai tujuan yang lebh besar, bila berhasil menarik dan mengalahka serta menjadi saingan brand franchisor luar negeri maka franchisor local akan mampu merambah dan menentukan brand road map ke mancanegara. Dari keseluruhan tersebut bisa di lakukan franchisor local dalam sebuah organisasi dan managemen yang baik, dimulai dari target konsumen serta awal imbal balik atau keuntungan yang lebih minim terlebih dahulu. Dengan menguasai pasar local sendiri seharusnya franchisor local akan lebih mudah dalam bersaing dengan franchisor kelas dunia.
Semua hal diatas bisa dilakukan semua franchisor local termasuk Anda bila keyakinan dalam hati Anda tidak mudah goyah, dengan mempelajari pasar, mengamati konsumen, serta target yang ditetapkan maka seharusnya tingkat keberhasilan akan lebih tinggi lagi. Belajar dan mempraktekan adalah hal yang harus dilakukan demi kesuksesan yang ingin dicapai, terbentuknya disiplin serta rasa tidak mudah puas membuat franchisor local akan lebih sukses lagi.
Tidak ada komentar: